Di Atas Kepala

DAAI TV adalah salah satu channel TV yang mungkin kalah populer dibandingkan channel-channel TV swasta lainnya. Tapi saya sangat menikmati menonton channel ini terutama di bagian dramanya. Awal mula perkenalan saya dengan channel ini adalah karena ini satu-satunya channel berbahasa mandarin di TV (dan kadang ada subtitle hanzi-nya) sehingga memudahkan saya belajar mendengar dan memahami artinya walaupun mandarin yang digunakan adalah mandarin Taiwan yang luar biasa cepat dan luar binasa sulitnya.

Drama di channel TV ini berbeda dengan drama-drama pada serial TV lainnya, sebut saja K-drama dan J-drama. Drama disini tidak ditekankan pada kisah percintaannya melainkan pada pesan-pesan hidup dan ajarannya. Misal, ada cerita tentang percintaan suami istri, tapi yang ditekankan disini adalah bukan bagaimana si laki-laki mengungkapkan cinta dengan berbagai macam cara (yang kadang gak masuk akal, membuat delusional, dan cenderung berlebihan seperti di drama korea) tapi bagaimana cara si laki-laki menghormati si perempuan dan sebaliknya, perempuan menghargai laki-lakinya serta tanggung jawab dan hak masing-masing terhadap pasangannya. Lebih ada ‘isinya’ menurut saya.

Selalu ada quote yang bisa diingat dari setiap drama-drama ini. Dan quote untuk malam ini adalah:

“Di atas setiap kepala, ada langit yang harus ditopangnya”.

Mau gak mau, suka gak suka, setiap manusia mempunyai porsi masalahnya sendiri-sendiri yang hanya dan harus ia sendiri yang menyelesaikannya. Itu benar. Yang dapat dilakukan oleh yang lain hanya membantu, tapi yang menopangnya adalah yang mempunyai masalah. Bisa jadi kita memberikan nasihat yang mungkin dapat menyelesaikan masalahnya sebanyak mungkin kepada seseorang, tapi kalau ia tidak mendengar dan melakukannya ya sama aja bohong. Percuma.

Penyelesaian masalah, hanyalah tugas dan kewajiban si mpunya masalah. Apapun dan siapapun itu.

Sekian untuk malam ini. Selamat tidur! :)

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s