[FILM] Spirited Away

Saat ini jam yang tertera di dinding kamar menunjukkan pukul 00.35 WIB. 35 menit lewat tengah malam dan mata belum bisa terpejam. Gak yakin karena tidur sore yang terlampau lama atau apa, akhir-akhir ini memang sulit sekali rasanya untuk tidur.

Teman selama saya terjaga malam ini adalah film ini, Spirited Away. Saya tahu film ini dari adik saya yang paling kecil. Katanya adik saya,

Tonton deh, teh. Filmnya baguuss. Ini film anime Jepang yang masuk Disney.

Penasaran. Awalnya saya kira ini film Barat, ternyata ini adalah anime Jepang. Awalnya juga saya kira ini film horror, tapi ternyata tidak sama sekali. Cocok berarti untuk tontonan sebelum tidur.

Spirited Away

Film ini bercerita mengenai anak perempuan bernama Chihiro yang pindah tempat tinggal dan sekolah. Chihiro tidak begitu suka dengan keputusan orangtuanya, tapi orangtuanya meyakinkan dia bahwa “traveling is an adventure” dan tidak selamanya tidak menyenangkan.

Pada awalnya, Chihiro merupakan anak yang suka mengeluh, manja, dan senang merengek. Cerita bermulai ketika mereka sekeluarga berusaha menemukan jalan menuju rumah mereka yang baru. Mereka masuk melalui jalan kecil dan berhenti tepat di depan sebuah bangunan. Chihiro tidak ingin masuk ke dalam bangunan itu, tapi ayahnya penasaran terhadap apa yang mungkin ada di balik bangunan besar itu. Sampai di dalamnya, ternyata itu adalah stasiun yang sudah lama ditinggalkan dan di pintu ujungnya mengarah kepada padang rumput yang sangat luas. Mereka menelusuri padang rumput tersebut dan menemukan satu kota. Keseluruhan isi dari kota tersebut adalah restoran, dan terdapat 1 bath house. Ayahnya mengendus wangi makanan dan mulai mencari tempat asalnya. Ketika menemukan tempat makanan-makanan itu berada, makanan itu tidak dijaga, dan ayah-ibunya memakannya, tapi tidak dengan Chihiro. Chihiro pergi melihat sekitar dan menemukan bath house dengan asap mengepul tanda adanya kehidupan. Di jembatan itulah dia bertemu dengan Haku. Haku melarangnya untuk berkeliaran dan menyarankannya untuk kembali. Manusia tidak boleh berada di tempat itu.

Chihiro berlari ke tempat ayah ibunya dan menemukan mereka sudah menjadi babi. Ternyata kota itu adalah tempat singgah bagi para arwah untuk menenangkan pikiran. Dan makanan yang dimakan ayah-ibu Chihiro adalah makanan yang diperuntukkan bagi para arwah tersebut.

Haku menyarankan Chihiro untuk mencari seseorang bernama Kamaji, boiler man, yang ternyata mempunyai banyak tangan dan kaki seperti laba-laba. Chihiro harus mendapatkan pekerjaan, karena siapa saja yang tidak berguna akan di ubah menjadi binatang oleh Yubaba, penyihir yang memiliki bath house itu.

Chihiro berhasil mendapatkan pekerjaan menjadi asisten Rin dan bekerja di bath house itu. Chihiro kemudian bertemu dengan arwah no face yang menawarkan hal-hal yang umumnya disukai banyak orang seperti koin mandi dan emas, tapi Chihiro hanya ingin kembali ke dunia manusia bersama ayah-ibunya. Untuk menyelamatkan ayah-ibunya, ia harus bekerja dan mengingat nama aslinya serta menyimpan pakaian manusianya karena semakin lama dia berada di kota itu, maka semakin pula ia lupa tentang siapa dirinya. Beruntung Haku menyimpan pakaian manusianya Chihiro yang di dalamnya terdapat kartu nama Chihiro. Yubaba mengubah nama Chihiro menjadi Sen.

Banyak tugas yang harus dilakukan oleh Chihiro. Pada awalnya ia diragukan oleh semua pekerja di dunia itu tapi ia dapat membuktikan bahwa ia mampu dan berubah dari pemalas dan manja menjadi rajin bekerja dan berani. Pada akhirnya, Chihiro dapat menyelamatkan orangtuanya dan kembali ke dunia manusia :)

spirited-away-2a

———————-

Film ini mengajarkan banyak hal. Bahwa pada akhirnya loyalitas itu penting; seorang anak akan terus menjadi anak yang selalu menginginkan adanya orang tua gak peduli apapun konsekuensinya; dan seorang anak kecil akan selalu baik, jujur dan tulus hati. Ketulusan hati Chihiro-lah yang dapat memecahkan mantra Yubaba kepada Haku. Ketulusan hati Chihiro pula lah yang membuat No Face menjadi hormat kepadanya dan tidak jadi menjadikan Chihiro makanan. Ketulusan hati Chihiro pula yang menjadikan bayi anaknya Yubaba menjadi lebih bersahabat.

Betul-betul film yang menenangkan hati.

Silahkan di lihat trailernya disini:

Jam 1:11 pagi. Saatnya tidur. Semoga bisa nyenyak dan terbangun dalam keadaan segar bugar. Aamiin :)

Selamat dini hari!

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s