Those Who Can’t Adapt, Will Die. Period.

Sebelumnya, saya ingin berterima kasih kepada siapapun yang masih menyempatkan diri untuk berkunjung ke blog ini. Gak nyangka hari ini tepat sebulan blog ini dianggurin (last post on February 7th). Hiks. Dan saya kangen.

Selama sebulan itu banyak sekali kejutan-kejutan yang terjadi, baik dari lingkungan kerja, pertemanan, bisnis, maupun personal lifeYou will never know what can happen in a month, seriously. Those surprises kept me as busy as a bee!

Dan sekarang, di saat saya harusnya beristirahat untuk terbangun esok hari dalam keadaan yang super fresh karena sederet jadwal yang sudah memenuhi buku agenda, saya memilih untuk sharing sebuah video.

 

Video ini ditampilkan dalam sesi training mengenai kepemimpinan dalam perusahaan. Video ini membuat kagum saya bahwa ada banyak fakta yang apabila dikombinasikan akan membentuk suatu pola dan akan berhubungan antara satu dan yang lainnya.

Fakta bahwa dunia yang kita tempati saat ini berkembang secara eksponensial itu sangat sangat sangat menarik. Juga fakta bahwa orang yang selama 4 tahun kuliahnya mengambil jurusan teknik, ilmu yang dipelajari di tahun pertama bisa saja expired di tahun ke-3 *bahkan itu sebelum lulus!*. Jleb!

Dengan kemampuan dunia seperti ini yang selalu menginginkan perubahan, pola kepemimpinan harus pula adaptif serta mengikuti perkembangan jaman. Ini dimaksudkan agar kegiatan bisnis yang harusnya menuai profit, tetap sustain, tetap berlangsung sampai jaman-jaman berikutnya.

Dan sejarah pun mencatat, barang siapa yang tidak dapat beradaptasi terhadap perubahan dengan cepat, akan secara perlahan/langsung tertinggal. Ibarat barang “outdated“, barang tersebut akan ditarik dari pasar karena tidak dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi masyarakatnya.

Harus adaptif tapi tidak reaktif, tetap harus memikirkan baik buruknya serta analisa yang mendalam terhadap semua aspek. Harus selalu memperbarui dan menambah skill. Harus mau mendengarkan secara sungguh-sungguh dan tulus. Serta harus mau terus belajar, dari siapapun.

~p.r.p.l.p.h.r.z
Ps: masih banyak video-video seru lainnya yang mungkin akan dibahas di lain waktu :D

Advertisements

2 thoughts on “Those Who Can’t Adapt, Will Die. Period.

  1. terus belajar, terus berbagi dan menginspirasi wahai anak muda Indonesia. Masalah pribadi kita masing-masing lebih kecil daripada panggilan untuk melakukan perubahan dan gebrakan di skala yang lebih besar.

    Terus berkarya, dan jangan lupa undangannya, haha.

    • Jaa!! Nuhun. Terharu pisan blog urang dikunjungi maneh, si calon bos yang sibuk melanglang buana ke pelosok timur Indonesia :”)
      Terus berbagi yaa! Keep kon! *kontak dan konkrit beda2 tipis lah yah. Hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s