HSK

Jika bahasa inggris mempunyai TOEFL/IELTS dan bahasa perancis mempunyai DELF/DALF sebagai tolak ukur kemampuan berbahasa, bahasa mandarin mempunyai HSK.

HSK

HSK yang merupakan singkatan dari Hanyu Shuiping Kaoshi (dengar,baca,tulis,bicara dalam bahasa Mandarin — Mandarin proficiency test) adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui sejauh apa kemampuan berbahasa Mandarin seseorang. Berbeda dengan TOEFL/IELTS yang dapat dilakukan dengan satu kali tes kemudian hasilnya langsung bisa didapatkan dalam bentuk skor, HSK ini bertahap. Mirip dengan DELF/DALF dalam bahasa perancis. Terdapat 6 tingkatan yang dipisah dua-dua sesuai levelnya. HSK 1-2 untuk level pemula, HSK 3-4 untuk level menengah, dan HSK 5-6 untuk level advance.

Tipe soal pun berbeda. Pada HSK 1 dan HSK 2, soal-soal yang diujikan masih terdapat huruf romawi-nya atau yang biasa disebut pinyin. Sehingga dalam hal ini, tidak perlu terlalu tahu arti huruf kanji secara spesifik. Namun untuk level yang lebih atas, semuanya full dalam hanzi (kanji mandarin).

Tes HSK ini sudah mengalami banyak perubahan dari sebelum-sebelumnya. Bila dulu diwajibkan untuk bisa menulis, di HSK yang sekarang ini tidak terlalu dipentingkan. Kalaupun ada proses menulis, itu di level paling atas dan sudah diberikan bacaan panjang, tugasnya hanya meringkas bacaan panjang tersebut. Atau membuat karangan-karangan sederhana. Hal ini diberlakukan agar peminat bahasa mandarin semakin banyak, lagipula saat ini telah ada autotext mandarin. Asalkan tahu bacanya, maka huruf tersebut akan mudah didapatkan.

Untuk ikut serta dalam tes HSK, peserta diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Tidak semua tempat les/sekolah dipercaya oleh pemerintah Cina untuk melaksanakan tes ini. Setahun hanya diadakan maksimal 2x, itu di bulan-bulan awal seperti Januari-Februari, atau di bulan-bulan akhir, seperti September-November.

Kalau teman-teman ingin kuliah di Cina, HSK ini menjadi syarat mutlak walaupun level yang diminta pun berbeda-beda. Bukan hanya untuk kuliah, untuk yang akan bekerja dan memiliki banyak klien dari Cina, HSK ini cukup penting. Standar bahasa mandarin yang diujikan diakui di Taiwan, Cina, Hongkong, dan lain-lain.

Oiya, pada saat tes, jangan lupa untuk membawa admission paper yang ASLI, kartu tanda pengenal (KTP/SIM/paspor/dll), mengenakan pakaian rapi, mengenakan sepatu, membawa pensil 2B dan penghapus. Di kertas jawabannya juga perlu diperhatikan penomoran soal. Biasanya di Indonesia, nomor disusun dari atas ke bawah sampai mentok kemudian pindah kolom, di lembar jawaban HSK ini per-5 nomor langsung pindah kolom sampai mentok ke samping lalu diteruskan lagi di bawahnya. Handphone wajib dimatikan, tidak diperkenankan dalam mode silent ataupun getar.

Buat siapapun yang ingin tes HSK, semangat ya!! Semoga diberi kelancaran. Untuk yang ingin tahu model soal-soal HSK dapat dilihat disini. Lumayan berpengaruh untuk mengatasi rasa grogi sebelum ujian. Hehehe.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

4 thoughts on “HSK

    • Haii. Pemeriksaannya pakai komputer. Lembar jawabannya jg lembar jawaban komputer (LJK). Tp periksanya lgsg di China. Jd dokumennya lgsg dikirim ke China, pengumumannya via website kurang lebih 1-2 bln setelah tes :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s