Penasaran

Jadi ceritanya kemarin malam saya membaca keseluruhan arsip dari blog ini. Gara-garanya ada satu orang yang berkata kepada saya bahwa dia membaca seluruh postingan saya, dicek sampai ke arsip-arsipnya. Ikutan penasaran tentang apa-apa saja yang sudah dia baca, alhasil semalaman saya baca 421 jumlah total blog post. Ada yang bikin kening mengernyit, ada yang bikin muka memerah karena malu, ada yang bikin hati deg-degan, ada yang bikin kesal, ada yang bikin ketawa, ada yang bikin sedih, ada yang rasanya ingin banget di skip (gak mau baca), tapi sebagian besar memang mengasosiasikan ke berbagai peristiwa dan rasa yang pernah saya alami.

Lucu ya. Awalnya saat proses menulis itu berlangsung, saya gak berpikir panjang tentang siapa yang akan baca dan apa tujuan penulisannya. Tapi saat dibaca-baca lagi di waktu yang berbeda, saya bisa dengan cepatnya berpikir bahwa tulisan ini apa maksudnya, ditujukan untuk siapa, pada waktu apa, dll-nya.

Blog wordpress ini dimulai pada bulan September 2008. Awalnya gak langsung ‘amyasti’ tapi ‘therodjani’. Melakukan kesalahan dengan men-delete blog yang lama dan stats yang sudah 25ribuan orang itu ikut lenyap tak berbekas. Alhamdulillah arsip-arsipnya masih ada.

Ada perbedaan gaya penulisan yang terasa di awal tahun penulisan dengan yang sekarang-sekarang ini. Peralihan tersebut kira-kira dari tahun 2009 ke 2010. Ah, ini. Banyak sekali peristiwa di tahun itu. Dulu sepertinya blog ini hanya untuk berbagi cerita random gak jelas tentang apapun, kalau sekarang-sekarang lebih banyak nasehat untuk diri sendiri. Blog ini yang saya kunjungi setiap diri sendiri butuh semangat. Ngebaca lagi tulisan-tulisan yang saya bilang ‘kepingan hidup’ ini membuat hati dag-dig-dug-ser banget. Hahah.

Memori. Kalau kata seseorang,

Yang terucap akan lenyap. Yang tercatat akan teringat.

Selalu saja ada ‘rasa’ dalam setiap proses kreatif, entah itu dalam mendesain, menjahit, menggambar, berpuisi, menulis, dan lain sebagainya. Selalu ada makna.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

