Visi dan Refleksi

Dulu, pernah ada salah seorang teman saya yang berkata seperti ini:

“Menikah itu gampang ya, asal sama-sama mau dan kedua orang tua setuju yaudah nikah deh.”

Apa iya segampang itu? Mungkin iya ya, yang terlihat memang semudah itu. Teman saya berkata seperti itu juga sewaktu ada temannya yang menikah. Memang terlihat super mudah, semua sudah diurusi. Pengantin tinggal berdiri sambil pasang muka ramah dan senyum yang gak abis2.

Tapi ternyata yang di dalamnya tidak semudah itu. Gimana perempuannya bisa yakin kalau si lelaki itu imamnya? Bagaimana si lelaki bisa tahu kalau istrinya akan jadi ibu yang baik untuk keturunannya kelak? Bagaimana dia bisa menerima dengan ikhlas dan senang hati segala kelebihan dan kekurangan pasangannya kalau mungkin tanggung jawab pun si lelaki/istrinya gak punya? Gak mungkin kan? Rasanya orang tua juga enggan melepas anaknya kalau tau calonnya seperti itu.

Dan di moko ini muncul satu topik, tentang visi. Gak bisa dipungkiri sih kalau masalah ‘visi’ ini menjadi penting. Misalnya berkeluarga, keluarga mau dibawa kemana? Karakter anak2nya maunya seperti apa? Karakter istri/suaminya seperti apa? Visi disini bebas. Bisa berupa pandangan tentang agama, keluarga, keuangan, kepemimpinan, anak, dan lain-lainnya. Seorang Miund bahkan pernah berkata:

“Kalau gak ada sesi itung2an dengan kalkulator dan kertas coret2an di depan mata, berarti belum siap menikah”.

Sampai saat ini saya sepakat dengan mereka yang mengatakan visi itu penting. Ketika satu visi, maka jalannya jadi seiya-sekata. Rasanya akan lebih mudah saja ketika pasangan bisa saling mendukung satu sama lain, saling mengingatkan kalau salah satu menyimpang, juga saling mendoakan ketika mulut menjadi bisu seketika dan perbuatan berdampak nihil. Kalau visinya beda, ujung2nya pasti bubar. Sekuat tenaga pun gak bisa nyambung.

Moko, 14 Oktober 2012.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s