Kosong VS Isi

Akhir bulan ini saya akan meninggalkan kosan dan Bandung yang 5 tahun lebih dengan baiknya menerima saya. Semua kenangan, tempat makan, cerita-cerita seru penuh motivasi dan demotivasi, orang-orang unik yang pernah saya temui.. Semuanya itu akhirnya akan saya bawa pulang ke Jakarta. Tempat dimana individualisme seseorang ditempa.

Disela-sela pilah-pilih barang yang akan saya masukkan ke kardus atau tidak, Rani, penghuni kamar kosan di depan kamar saya berkata:

Rani (R): “Udah mulai beberes ya, kak?”
Saya (S): “Iya nih, Ran. Sedih.”
R: “Udah setengah kosong gini, kak. Kosan sepi deh :(”

Setelah percakapan dengan Rani itu saya melihat sekeliling. Iya, kamar ini sudah setengah kosong. Kemudian saya melihat ke tumpukan kardus-kardus itu. Masih setengah isi. Belum penuh. Belum harus cari kardus lagi.

Setengah kosong dan setengah isi. Kemudian saya teringat omongan orang-orang dulu. Mereka selalu berkata:

“harus selalu melihat ‘gelas’ sebagai setengah isi, supaya jadi orang yang optimis. Kalau bilang setengah kosong, cenderung jadi orang yang pesimis”

Padahal kan yaaa keadaan itu sama-sama aja maksudnya.

Tapi akibat percakapan tentang kardus dan kamar ini saya kepikiran setengah kosong dan setengah isi. Ungkapan setengah kosong, seperti kamar ini, bisa digambarkan sebagai proses ‘membuat jadi kosong’. Sedangkan setengah isi, seperti kardus-kardus itu, bisa digambarkan sebagai proses menjadi isi, menjadi penuh.

Saya bukan orang yang ahli dalam bahasa dan pengungkapan terhadap sesuatu, tapi inilah pemahaman saya. Kalau dalam bahasa Mandarin, proses keluar-masuknya, proses datang-perginya dan proses turun-naiknya entah itu barang atau orang dijelaskan sejelas-jelasnya. Apakah prosesnya mendekati aau menjauhi si pembicara atau bagaimana.

Isi dan kosong. Betul-betul relatif. Tergantung cara pandang kita. Mau jadi kosong atau isi. Seperti kardus dan kamar ini.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

