Kebahagiaan

Pada satu ketika di acara Hitam Putih menghadirkan satu bintang tamu. Seorang bapak, sudah tua, gigi pun sudah ompong. Bapak ini memiliki usaha sebagai pengrajin mainan mobil2an anak yang akan ia jual 50ribu rupiah per mobil-mobilannya. Ia membuat sendiri mainan ini dari awal sampai selesai. Katanya biasa terjual perhari satu atau dua. Modalnya untuk satu barangnya sekitar 30 ribu. Dan ketika ditanya, apakah ia bahagia? Ia jawab, bahagia. Ketika ditanya, kenapa? Ia jawab, ya bahagia saja. Ditanya kembali, apa arti kebahagiaan? Ia jawab, kebahagiaan adalah bila esok hari masih bisa makan. Sederhana.

Inti dari episode kali ini adalah tentang kebahagiaan. Katanya:

“Seorang akan bahagia, apabila ia sedikit atau mungkin tidak mempunyai sama sekali pilihan dalam hidupnya selain hidupnya saat ini.”

Ini makes sense ya somehow. Ketika lo gak punya apapun pilihan itu selain yang lo punya saat ini maka akhirnya lo akan menganggap itu adalah anugrah terindah dalam hidup lo. Dan otomatis lo akan jadi orang yang pandai bersyukur.

Yang memusingkan adalah apabila pilihan lo banyak.

Ketika lo mempunyai banyak pilihan, disitu lo akan mulai membanding-bandingkan.

Itu pasti sih, gak mungkin enggak kayaknya. Sudah otomatis dilakukan tanpa sadar. Tiap orang pasti menginginkan yang terbaik di dalam hidupnya supaya kualitas hidupnya grafik menaik. Yang masalah adalah apabila lo membanding-bandingkan sesuatu dengan sesuatu yang lain yang lo gak punya atau milik orang lain. Itu aja.

Tapi selama itu pilihan-pilihan yang ditawarkan untuk diri lo, ya gak ada salahnya melakukan analisis kondisi dan segala-galanya ini sepertinya. Untuk apapun itu.

Ya gak sih?

~p.r.p.l.p.h.r.z
*ocehansetelahwisuda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s