Finally Met Miss Merry Riana!!!

3 Juni 2012

Sejak kapan saya ngefans sama Merry Riana? Semenjak baca bukunya. Dan kapan tepatnya itu? Kira-kira seminggu setelah buku karangan mbak Alberthiene Endah “Mimpi Sejuta Dollar” itu keluar saya langsung beli. Dan boom! Saya ngefans sama dia.

Kemudian dilanjutkan dengan follow twitternya, dan dia memfollow saya balik. Senang! Dan semenjak saat itu saya bertekad untuk bisa melihat dia secara langsung.

Alhamdulillah terkabul. Doa saya didengar. Hal ini bermula dari teman les mandarin saya yang memberikan info via BBM bahwa miss Merry ini akan datang ke Indonesia untuk memberikan seminar motivasi dalam acara yang diadakan oleh mahasiswa fikom unpad. Kebetulan sekali saya sedang butuh motivasi dalam mengerjakan tesis, haha. Saya hanya bertanya tanggal berapa acaranya dan setelah memastikan saya gak ada acara lain tanggal segitu, langsung saya mengiyakan. Ketemu motivator wanita yang sudah membuktikan bahwa dirinya bisa, siapa yang gak mau?

Benar saja, saya termotivasi parah!

Miss Merry ini orang yang ramah, tidak berhenti tersenyum dan menyebarkan aura positif. Selalu bersemangat dan berkomitmen untuk menyebarkan sebanyak mungkin energi positif kepada sekitarnya. Cantik, berkarisma, dan full pink! Itu kesan pertama saya berpapasan dengan Miss Merry. Betul-betul bikin napas berhenti sejenak. Ini kali ya perasaan grupies2 itu ngeliat idolanya? Maklum, saya belum pernah punya orang yang idolakan selain ayah ibu dan orang-orang terdekat. Kalaupun ada selain orang-orang terdekat, biasanya sudah meninggal. Jadi melihat Merry Riana asli ini adalah sesuatu banget. Hahaha.

Di awal, miss Merry menjelaskan mengenai 3 cycles of learning. Ini tentang apa yang harus dilakukan di seminarnya untuk sukses.

  1. Partisipasi. Berapa banyak yang bisa kita berikan akan menentukan berapa banyak yang bisa kita dapatkan. What you give is what you get.
  2. Open mind. Ini ditentukan oleh sikap tubuh. Cara tahu orang yang open mind itu sikap tubuhnya duduk tegak, gak melipat tangan, senyum, dan punya energi positif dan bisa ditularkan ke kanan-kirinya. Disini miss Merry meneriakkan “INDONESIA!” dan kita merespon “PASTI BISA!”. Well, ya mungkin ini masih standar seminar motivasi kali ya.
  3. ACTION! Katanya, it’s not about what you know. It’s about what you do with what you know. Super!

Miss Merry memberikan formula bahwa tidak ada yang instan dalam apapun juga dalam hidup ini. Bahkan mie instan yang katanya instan pun butuh waktu 3 menit. Butuh proses. Gak ada eskalator dalam hidup, yang ada adalah anak tangga. Untuk mimpi menjadi kenyataan, ada kerja keras. Ada kerja keras berarti ada harga yang harus dibayar. Biasanya harga itu adalah: waktu dan proses.

Harus mengubah cara pandang terhadap hidup! – Merry Riana

Contohnya adalah:

IMPOSSIBLE menjadi I M POSSIBLE

OPPORTUNITIES IS NOWHERE menjadi OPPORTUNITIES IS NOW HERE

Kemudian adapula analogi putaran arah jam tangan yang berbeda bila dilihat dari atas dan dari bawah. Perspektif itu mempengaruhi hasil yang akan kita dapatkan dalam hidup. Satu keputusan dapat merubah masa depan.

Jangan hanya selalu berkata “HANYA” tapi harus berkata “JUSTRU KARENA”. – Merry Riana

Misalnya adalah seorang mahasiswa yang selalu berkata “Saya hanya seorang mahasiswa, maka saya tidak mungkin bisa mengerjakan itu semua”. Harus diubah menjadi “Justru karena saya masih mahasiswa, masih boleh salah, masih bisa belajar, masih punya banyak waktu makanya saya pasti bisa!”.

Lalu bagaimana dengan ibu rumah tangga? “Justru karena saya ibu rumah tangga, saya punya banyak waktu di rumah dan mengurus anak dll sehingga saya pasti mampu mengerjakan itu semua dengan baik”.

Bagaimana dengan orang yang sudah tua dan sudah tidak punya banyak waktu dalam mengerjakan segala sesuatunya? “Justru karena saya sudah tua, maka saya punya banyak pengalaman, punya bayak koneksi, maka saya pasti bisa melakukan itu semua secara langsung ataupun meminta bantuan orang lain”.

Ini adalah suntikan yang sangat sangat positif. Intinya adalah “saya pasti bisa” menjadi apapun juga itu.

There is no growth in comfort zone. There is no comfort in growth zone.

Ini yang harus dipikirkan dan dirasakan baik-baik. Sedang ada di zona manakah kita? Kalau penuh ketidaknyamanan berarti kita sedang ditempa untuk tumbuh. Kalau nyaman, berarti harus cari tempat baru, untuk tumbuh.

Jangan pernah mengejar uang! Kejar Passion! Kejar Kesempurnaan!

Alhamdulillah, dulu pernah berikrar untuk bertemu langsung dengan miss Merry ini. I admire her so much. And here comes the opportunity. I wonder what’s next… ;)

Miss Merry Riana saat memberikan seminar. Super blur *maafkan* :”(

her quote

me with miss merry riana

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

