[BOOK] Jenis-Jenis Pemimpi – Robert T. Kiyosaki

Beberapa bulan yang lalu, saya diberi buku oleh teman saya, Tahta Muhammad. Semacam hibah. 3 buku, dan ketiga-tiganya merupakan buku dari Robert T. Kiyosaki.

Dulu saya pernah menanyakan isi dari buku-bukunya dan Tahta menjawab “bagus my. tapi lumayan bikin pengen keluar dari kerjaan, hahaha”.

Buku-buku ini baru sempat saya lirik lagi, itu pun baru satu yang habis dibaca. Judulnya:

Rich Dad’s
The Business School for People Who Like Helping People

Dan benar saja. Membaca buku ini, jleb jleb jleb. Hahaha. Banyak sekali perumpamaan-perumpamaan yang sungguh mengena di hati. Namun postingan ini bukan unuk membahas resensi buku.

Ada satu bagian yang ingin saya bagi ke teman-teman yang kebetulan mampir. Tentang jenis-jenis pemimpi menurut Robert T. Kiyosaki.

  1. Pemimpi yang bermimpi di masa lampau : Seseorang yang bermimpi di masa lampau adalah orang yang hidupnya sudah berakhir. Contoh orang yang masih hidup di masa lampau adalah orang yang masih merasa puas mendapatkan nilai bagus, menjadi raja/ratu pesta dansa sekolah, lulus dari universitas bergengsi, atau menjadi anggota militer. Dengan kata lain, hari-hari terbaik mereka berada di belakang mereka.
  2. Pemimpi yang hanya memimpikan impian kecil : Yang selalu berkata “Anda tahu, seharusnya saya sudah melakukannya bertahun-tahun yang lalu, tapi saya tidak pernah punya kesempatan melakukannya”. Jenis pemimpi ini adalah yang paling berbahaya. Mereka hidup seperti kura-kura, makan dan minum dalam ruangan yang tenang. Kalau kamu mengetuk cangkang mereka dan menyentuh salah satu lubang, mereka sering menyerang dan menggigitmu.
  3. Pemimpi yang telah mencapai impian mereka dan belum menentukan impian baru : Banyak orang memiliki profesi yang mereka impikan di sekolah menengah. Persoalannya adalah mereka telah keluar dari sekolah menengah selama bertahun-tahun. Sudah saatnya menentukan impian baru dan petualangan baru.
  4. Pemimpi yang mempunyai impian besar tetapi tidak mempunyai rencana bagaimana mencapainya : Orang seperti ini sering berusaha mencapai banyak, tetapi kemudian berusaha dan melakukannya sendirian. Orang seperti ini adalah orang yang harus tetap mempunyai impian besar, menentukan rencana, dan mendapatkan tim yang akan membantu membuat impiannya menjadi kenyataan.
  5. Pemimpi yang mempunyai impian besar, mencapai impian itu, dan terus mempunyai impian yang lebih besar : ini yang seharusnya.

Hayo, kamu masuk ke yang mana? Mari jadikan ini sebagai bahan introspeksi. Semoga gak ‘omdo’ dan bukan orang yang ‘gak konkrit’. Dream big, and make it happen!

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s