When Technology Becomes Problem

hari ini, saya ditunjukkan bahwa otak manusia sama sekali tidak dapat digantikan oleh apapun juga. bahkan oleh komputer sekalipun. memori manusia, sama sekali tidak dapat digantikan oleh RAM atau jenis memori lainnya.

hari ini, saya pergi proyekan bersama anak 09. dijemput sama partner proyek yang lain di boromeus, untuk kemudian pergi ke pasteur bersama-sama naik mobil pribadi yang punya proyek. berhubung yang meminta saya untuk membantu proyeknya sedang ada di italia, jadi kita semua diberi kebebasan untuk datang ke rumahnya, menggunakan mobil pribadinya, dll demi kemajuan proyek penelitiannya. di dalam satu mobil ada 5 orang total: saya, anak 09, ibu dari matematika, bapak programmer, dan pak supir.

niatan ke pasteur adalah untuk bertemu dengan bapak programmer satu lagi. untuk menjelaskan program ilog-nya IBM dan concord dari swedia. juga untuk bertukar ilmu dan informasi tentang proyek yang sedang kami kerjakan dan sudah sampai dimana kemajuannya. kepergian ke pasteur pun atas suruhan dari yang punya proyek.

om yang punya proyek ini telah menemukan algoritma untuk memecahkan salah satu millenium problems. iya, millenium problems. ada dalam salah satu buku yang saya dipinjami oleh beliau mengenai apa itu millenium problems. jadi, millenium problems ini merupakan kumpulan problem-problem  yang ada di diseluruh dunia, dan dunia pun belum ada yang berhasil memecahkannya. makanya dijadikan tantangan. worldwide challenge. super sekali.

om ini, mengerjakan penelitiannya sejak 40 tahun yang lalu. dan beliau sudah dapat memecahkannya. algoritma yang sangat efektif. hanya saja, untuk pembuktiannya beliau memerlukan satu program yang dapat menunjukkan bahwa program ini dapat berhasil secara optimal yang berarti ‘waktu’ disini menjadi parameter penting.

seratus ribu titik berpola gambar monalisa telah berhasil ia pecahkan. dan apabila menggunakan program concord belum tahu kapan bisa selesai. preview disini.

masalah memori dan kekuatan prosessor komputer menjadi sangat penting jika ingin membuat program ini.

baru kali ini, menemukan kasus keterbatasan teknologi untuk merealisasikan sesuatu. mungkin karena saat-saat ini saya berada dalam lingkungan ini. lingkungan yang mengharuskan berpikir secara akselerasi dan membuat teknologi, bukan hanya pengguna dan pengembang teknologi.

sejujurnya, ini sangat menarik. menemukan kasus ini, jadi teringat tesis yang saya kerjakan. faktor teknologi yang ada saat ini juga menjadi penghambatnya. di conference yang lalu, perwakilan seluruh dunia bilang belum ada yang mengerjakan dan mereka belum pernah melihat yang seperti itu secara riil. teorinya bisa, tapi produknya? belum ada. dengan saya berbicara di conference itu, saya sadar itu membangkitkan ide peserta yang lain. bahkan salah satu sponsor utama dan terbesar di industri ini berkata bahwa mereka akan mengembangkan yang sedang saya kerjakan ini secepatnya setelah core mereka selesai. sekarang saya baru tahu, bahwa ‘perlombaan’ dalam ilmu pengetahuan itu ada. jelas dan terasa.

harus cari cara supaya tesis selesai, alat dipakai, dan diakui seluruh dunia.

but how?

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

