[Travel] Bung Karno dalam Pengasingan (Rengasdengklok)

Waktu kuliah lapangan terakhir, kami sekelas mengunjungi situs Batujaya di daerah Karawang. Tenang aja, saya masih anak elektro kok. Hahaha. Hanya saja, kuliah saya kali ini adalah kuliah Seni Rupa. Yang pergi ke situsnya pun bermacam-macam major study, ada yang dari arsitektur, geologi, geografi, dan desain. Perjalanan sehari yang betul-betul menyenangkan. Matahari pun berpikiran sama, karena tidak henti-hentinya menyinari kami semua. The weather was absolutely nice. 

Sebelum sampai ke tujuan utama, mendadak Pak Bachtiar (pimpinan rombongan) bertanya apakah kami mau mampir sebentar ke rumah Bung Karno sewaktu diasingkan di Rengasdengklok? Tentu saja, jawab kami. Akhirnya bis ITB pun dirapatkan ke tempat singgah.

Rumah aslinya telah dipindahkan karena ter’gusur’ oleh air dari Sungai Citarum. Nah, disini ini para ahli geologi mulai memberikan kuliah supernya tentang bagaimana sebuah sungai dapat menggusur pemukiman dan bagaimana sungai tersebut seperti ‘pindah’ dari asalnya. Bergeser cukup banyak dari tempat sebelumnya.

1. Lokasinya ada di balik tanjakan itu; 2. Pemandangan dari atas; 3. Sungai Citarum yang mengering (terlihat dari adanya retakan-retakan di tanah); 4. Pemandangan sebelah kanan; 5. Pemandangan sebelah kiri (pancang untuk menghindari erosi); 6. Pemandangan sebelah kanan (lihat batu di tengah sungai? Itu bekas batu rumah singgah Bung Karno)

Jadi, rumah pengasingan Bung Karno dipindahkan akibat adanya erosi besar-besaran terhadap pinggiran sungai Citarum. Adapun pancang-pancang pencegah erosi itu baru dibuat setelah adanya erosi.

Setelah kami me’lihat’ tempat pengasingan Bung Karno yang dulu, kami dibawa ke rumah yang telah dipindahkan. Tidak begitu jauh dari Monumen Kebulatan Tekad.

Tampilan luar rumah singgah Bung Karno. Saat ini masih dalam renovasi.

“Pernyataan sikap solidaritas peduli rumah sejarah” dari kain putih yang terdapat di depan rumah pengasingan.

Interior bagian depan dari rumah tersebut masih dipertahankan. Di bagian depan, setelah melewati pintu masuk, dapat dilihat kamar Bung Karno sebelah kanan dan kamar Bung Hatta sebelah kiri. Di dalam kamar hanya ada 1 ranjang tempat tidur, 1 kursi, dan 1 meja. Sempit.

Kiri atas: tempat tidur Bung Karno. Kanan atas: tempat tidur Bung Hatta. Kiri bawah: ‘hall of fame’. Kanan bawah: meja yang dipakai untuk penulisan naskah proklamasi.

Banyak politisi dan artis yang telah mengunjungi rumah ini. Pemilik asal rumah ini adalah Bapak Djiaw Kie Siong yang wafat pada tahun 1964. Beliau merupakan salah satu pimpinan PETA. Adapun lokasi rumah dipilih karena jaman dulu rumah masih sangat sedikit dan jaraknya berjauhan, rumah Bapak Djiaw Kie Siong ini yang paling dekat dengan markas tentara PETA. Saat ini rumah ini masih dihuni oleh cucu dari Bapak Djiaw Kie Siong.

Kiri: foto diri Djiaw Kie Siong; Kanan: cucu dari bapak Djiaw Kie Siong

piagam yang diberikan dari Panglima Daerah Militer IV/Siliwangi

Jalur merah putih

Dirumah Bapak Djiaw Kie Siong inilah Pada Tanggal 16 Agustus 1945 Bung Karno Bersama Bung Hatta Beserta Para Pemuda Melapangkan Sanubari, Membuka Jendela Hati, Dalam Merumuskan NASKAH PROKLAMASI TANAH AIR dan BANGSA INDONESIA Yang Dikumandangkan Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Ke Segenap Penjuru Tanah Air dan Muka Bumi. Merdeka !!!

Rengasdengklok, 20 Mei 2008

Jalur Merah Putih

Monumen Kebulatan Tekad

Bersama rombongan di depan Monumen Kebulatan Tekad

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan belajar dari sejarahnya. Semoga kita bisa terus belajar dari sejarah, terlepas dari ke-non netral-an sejarah itu sendiri.

~p.r.p.l.p.h.r.z
Ps: Post tentang Batujaya menyusul secepatnya. Hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s