[Food] Edamame

Malam ini dan malam-malam-malam sebelumnya, kebiasaan begadang saya diaktifkan lagi. Teman-teman pasti sepakat kalau efek samping dari begadang itu adalah… lapar.

Cemilan saya untuk malam ini adalah kacang-kacangan yang disebut Edamame.

Ini wujudnya,

edamame

Sebelum dimakan, edamame ini direbus terlebih dahulu dengan air garam agar lebih berasa. Setelah itu, baru deh di cemal-cemil :)

Katanya, edamame ini sumber protein tinggi karena masih masuk dalam kelas kedelai. Kedelai itu sendiri merupakan sumber protein, lemak, serat, dan antioksidan terbaik. Edamame dipanen ketika kedelai ini baru 80 persen matang. Yang membedakan edamame dengan kedelai lain adalah bijinya lebih besar, teksturnya halus, rasanya lebih manis, dan lebih mudah dicerna.

Kalau kata Kompas sih:

Edamame mengandung antioksidan dan isoflavon. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dikaitkan dengan penguatan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko kanker.

Isoflavon juga terbukti mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gangguan saat menopause.

Sementara itu, kandungan protein di dalam edamame mencapai 36 persen, jauh lebih tinggi dibanding kedelai matang. Panganan ini juga mengandung minyak yang rendah. Dikombinasikan dengan kandungan proteinnya yang tinggi, camilan ini sangat ideal untuk mereka yang ingin mencari panganan rendah lemak, tetapi tinggi protein.

Penganut vegetarian dan vegan yang ingin mengasup sumber protein juga disarankan mengonsumsi edamame karena kandungan proteinnya lengkap. Ini berarti ia mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

Edamame juga tidak mengandung kolesterol dan sedikit lemak jenuh. Panganan ini juga kaya vitamin C dan B. Kandungan lainnya adalah mineral penting seperti kalsium, zat besi, atau magnesium. Ia juga mengandung vitamin K dan asam folat.

Terakhir, menambahkan edamame dalam pola makan Anda akan meningkatkan asupan serat. Setengah cangkir edamame mengandung 4 gram serat. Kandungan serat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saluran cerna hingga menurunkan kolesterol.

Alasan lain untuk mengasup edamame adalah ia membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Perhatikan yang digaris bawah yaa. Penting itu. Hahahaa. Biasanya kan makan cemilan tengah malam bisa memicu guilty pleasure atau bisa juga membuat semakin mengantuk. Tapi edamame tidak. Resmi lah jadi cemilan malam ini dan malam-malam setelahnya. Setelah malam ini pasti banyak banget kebutuhan begadang.

Stay healthy. Stay gorgeous.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s