Tentang Kreatif

Banyak tahu, banyak lupa. Sedikit tahu, sedikit lupa. Tidak tahu, tidak lupa

Itu adalah epic quote yang sering saya dengar. Mungkin awalnya hanya untuk berguyon saja. Tapi dari epic quote ini muncul sebuah asumsi publik.

yaudah, gak usah tahu aja. Kan jadi gak lupa.

Mungkin ada benarnya. Mau lupa apa? Yang mau dilupakan juga tidak tahu apa. Haha.

Namun hari ini, saya diberi pencerahan. Dosen saya yang juga seorang Guru Besar Seni Rupa, menjelaskan mengenai definisi kreatif menurut beliau yang saya ingin bagi kepada teman-teman juga.

Kreatif, menurutnya, adalah sebuah proses. Bukan sesuatu yang didapatkan secara instan, bukan pula suatu gift. Tapi kreatif adalah proses. Kreatif dapat didapatkan dengan banyak tanya. Selalu mempertanyakan realitas, dan selalu mau belajar. Orang kreatif cenderung rakus terhadap ilmu pengetahuan. Ilmu apapun itu walaupun ilmu tersebut tidak ada sangkut pautnya terhadap pendidikan awal si orang tersebut.

Kreatif itu berarti pintar memaknai. Memaknai adalah mencari hubungan-hubungan dari seluruh yang ada di sekitar. Ketika hubungan-hubungan itu didapat, niscaya akan ada penjelasan terhadap itu semua.

Kreatif adalah spontan. Tapi spontan disini bukanlah serta-merta. Spontan disini didapatkan karena adanya pengetahuan terhadap banyak hal. Proses sambung menyambung itu akan lebih mudah dicari apabila banyak pengetahuan yang ia dapat. Ibarat google, semakin banyak database, semakin mudah kita mencari segala sesuatunya. Kita adalah google itu sendiri.

Bahkan pak Jakob mengilustrasikan seorang yang kreatif yang tidak pernah berhenti belajar adalah seorang penemu yang membaca buku masakan (literally membaca). Karena katanya, selalu ada yang bisa dipelajari dari apapun sampai buku mistis sekalipun. Pada dasarnya, ilmu adalah netral. Yang menjadikannya punya dampak positif dan negatif adalah manusia dan egonya.

Kuliah hari selasa ini selalu menarik.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s