Surat dari IEEE

Sesampainya di rumah sehabis dari konferensi, saya melihat di atas meja telepon ada official letter dari IEEE. Tertulis nama saya di kolom peruntukkannya.

Surat IEEE

isi dalam amplopnya

Membershipnya sampai bulan Desember 2012. Sampai saat ini saya belum merasakan manfaat yang signifikan. Membership ini sepertinya one-liner. Download, baca, trus sudah. Diskusi dilakukan kemudian. Lagipula, siapa yang dapat mengerti paper hanya dengan sekali unduh-baca?

Belum lagi paper yang saya butuhkan biasanya bukan dari asosiasi EMBS (salah satu asosiasi biomedika di IEEE), sehingga tetap harus meminta tolong teman saya yang kuliah di luar negeri untuk mengunduh kemudian dikirim ke saya. Kenapa gak begitu aja ya? Kenapa ITB gak membuka akses ke IEEE atau ke jurnal-jurnal ilmiah selebar-lebarnya ya? Mungkin kalau ada MOU yang jelas akan diberikan paket untuk student atau university. Jadi satu jurnal untuk semua. Siapapun selama mahasiswa bisa mudah mengaksesnya.

Tapi tetap terima kasih saya untuk Pak Soegi yang telah berbaik hati memberikan hadiah membership IEEE ini secara cuma-cuma. Nah, buat teman-teman yang kesulitan mengunduh paper dari IEEE bisa menghubungi saya ya. Tapi terbatas untuk paper yang EMBS saja.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

