Pelajaran hari ini: DELTA

Mentoring hari ini berasa banget, alhamdulillah. Berasa, karena saya banyak ngomong disini (biasanya juga iya sih, hehe). Banyak bicara tentang pengalaman pribadi.

Mentoring ini dibuka dengan pembicaraan tentang ayat-ayat yang membahas terpecahnya umat Muslim menjadi berbagai macam golongan. Sampai disini saya masih mendengarkan, teman saya Astri yang menunjukkan ayat-ayatnya. Kemudian pembicaraan ini mengalir sampai pada akhirnya berbicara mengenai jilbab atau hijab. Bicara tentang ini mau gak mau kembali bersinggungan dengan kata “hidayah”.

Saat mendengarkan tentang jilbab ini, saya teringat pembicaraan tentang ini juga bersama seorang teman saya. Dia yang sudah tau keheterogenan keluarga besar saya bertanya,

Kenapa lo pake jilbab, my?

Pertanyaan aneh? Mungkin aja. Tapi memang karena keheterogenan super yang terdapat pada keluarga besar saya pertanyaan ini wajar sekali dilontarkan.

Selalu ada aksi-reaksi sebab-akibat terhadap apa yang kita lakukan. Perjalanan menuju perubahan ke arah yang lebih baik selalu butuh pengorbanan yang tidak mudah. Banyak hal yang harus dikorbankan. Salah satunya mungkin kenyamanan. Kita harus adaptasi lagi dan harus menerima konsekuensi atas semua yang kita lakukan, atas pilihan-pilihan yang kita ambil.
Kadang menyenangkan, kadang tidak. Tapi percaya aja selalu ada jalannya. Selalu akan ada lingkungan yang menjaga kita, bila kita memilih lingkungan yang baik.

Dan hari ini saya belajar. Bahwasanya setiap orang dihargai karena semua ‘delta’ yang telah dia kerjakan. Karena semua pengorbanan yang telah dia berikan. Bila belum berbuah hasil yang diinginkan, berarti pengorbanan itu belum maksimal. Jika merasa telah berupaya maksimal tapi belum berbuah hasil pula, berarti bukan itu jalannya bukan itu yang terbaik. Dan setelahnya, pasti akan diperlihatkan arti kata ‘terbaik’ itu.

Terima kasih teman-teman yang sudah berbagi pengalaman hari ini. =)

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

