Memperkenalkan: PETRICHOR

Hujan turun sepanjang malam.

Dan hidung saya tidak berhenti menghirup dalam-dalam aroma hujan.

Saya sangat menyenangi aroma semesta setelah hujan turun. Menghirup aroma hujan, dingin, dengan suara tik-tik-tik yang kadang berirama kadang juga tidak, serta ditemani kepulan asap yang keluar dari segelas bandrek, bajigur, atau sekoteng itu… priceless.

Aroma hujan. Mengapa hujan itu beraroma? Membangkitkan kenangan tersendiri setiap menghirup baunya. Kenangan yang lucunya, berbeda-beda setiap saat. Menarik ya.

Ternyata bukan saya saja yang menyenangi aroma ini, seluruh dunia pun demikian. Mereka berlomba mencari apa rahasia di balik wangi hujan ini. Apa penyebab setiap saat hujan turun selalu ada aroma yang menyertainya? Yang bagi sebagian orang mungkin dapat diartikan sebagai saat-untuk-galau karena entah mengapa mood-sepertinya-gak-mau-naik.

Dan rahasianya adalaahhhhh…

PETRICHOR!

Petrichor ini berasal dari kata Petra yang berarti batu dan Ichor yang diartikan sebagai cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa dalam mitologi Yunani.  Petrichor adalah suatu zat atau senyawa yang dikeluarkan oleh bebatuan dan tanah, kadang disebutkan sebagai “dust after rain“. Senyawa Petrichor ini sudah ada namanya dalam senyawa kimia 2-decanone. Lupa pernah baca dimana.

Para pembuat minyak wangi pun berlomba-lomba ingin mengeluarkan wangi Petrichor ini karena katanya dapat membuat rileks orang yang menghirupnya. And voila! Sekarang sudah ada minyak wangi dengan aroma “sehabis hujan”. Minyak wangi dengan aroma ini diberi nama Petrichor.

Selain dari Petrichor ini, konon katanya bau-bauan khas itu juga berasal dari pelepasan spora dari bakteri actinomyetes yang hidupnya di tanah lembab basah dan akan mati kalau tanah itu kering. Ketika hujan, itulah saatnya bakteri tersebut melepaskan sporanya supaya dapat bertahan hidup.

Bau tanah setelah hujan selalu menyenangkan untuk dihirup. Semoga gak banjir aja yaa.

Sniff sniff <3

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s