[BOOK] Indonesia Mengajar

Indonesia Mengajar, merupakan sebuah gerakan untuk memaksimalkan potensi orang-orang yang terdidik agar mau menjadi pendidik.

Dengan tagline, “satu tahun mengajar, seumur hidup menginspirasi”, gerakan ini telah mampu membangkitkan semangat kaum muda untuk mau turun langsung ke ‘lapangan’ menjadi pengajar. Bukan lagi menjadi yang diajar.

Penggagasnya, Anies Baswedan, menekankan berkali-kali bahwa

“mendidik adalah tugas konstitusional negara, tapi sesungguhnya mendidik adalah tugas moral tiap orang terdidik”.

Buku ini berisi kumpulan pengalaman-pengalaman, cerita-cerita, perasaan sesak-haru-tangis-canda dan lain lain dikumpulkan dalam buku yang diterbitkan oleh penerbit BENTANG.

Dalam buku yang pengantarnya ditulis langsung oleh Anies Baswedan sebagai pendiri san Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar ini dibagi menjadi 4 chapter, 62 judul tulisan, dan ditulis oleh 51 orang pengajar muda.

Chapter itu adalah tentang anak-anak didik pengajar muda, tentang bagaimana memupuk optimisme ketika berada jauh dari kesempurnaan dan keidealan keadaan, tentang pentingnya selalu belajar rendah hati, dan tentang ketulusan yang menular.

Buku ini menarik untuk dibaca. Pengalaman-pengalaman itu menarik untuk disimak. Tidak hanya oleh yang memang berprofesi sebagai guru, tapi juga untuk setiap orang yang tertarik dengan proses tumbuh kembang anak. Biar bagaimana pun, kita nantinya akan menjadi orang tua.

Salam,
amyasti.

Ps: Lebih lanjut tentang resensi buku ini dan buku-buku yang lain, silahkan kunjungi katabuku.tumblr.com

Enjoy!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s