seandainya.

Akhirnya saya belajar Mandarin lagi setelah sekian lama!! Yeay!! Senang sekali. Hehe. Yang kepikiran itu ‘sebentar lagi bisa ngirim email dan bales2an komen sama si Om temennya Bapak yang orang Cina asli’. Kemarin waktu di Beijing sempat bikin janji mau ngirim email, dan bapak saya dengar. Jadilah setiap hari di BBM nanyain udah kirim email atau belum.

Saya belajar Mandarin lagi tapi ganti laoshi. Laoshi saya yang lama kena penyakit Hepatitis A yang lagi ngehip banget sekarang, teutama di daerah Unpar. Kebetulan memang laoshi saya tnggal di sana. Sedih banget. :(

Laoshi yang ini ga kalah baik. Gak tahu kenapa ingin saja menceritakan tentang beliau. Belajar dimulai ontime. Tapi dipotong magrib dan mempersilahkan murid2nya untuk minum dan makan makanan kecil kalau kebetulan puasa. Laoshi saya bukan muslim. Tapi sebegitunya menghormati muslim di kelasnya. Kadang malahan kita diberi makan gratis sama dia. Buat buka puasa katanya.

Sifat-sifat laoshi ini saya familiar. Ini terjadi di lingkungan keluarga besar saya. Saling menghormati dan menghargai itu wajib hukumnya. Dan mereka belajar agama dan kepercayaannya sampai ke akarnya. Mereka mengkaji dalam sekali. Baca postingan sebelmnya. Wo xiang xin huijiao. Kalau ditelaah artinya secara filosofi sangat berat. Artinya bukan sekedar ‘saya beragama Islam’ tapi ‘bagaimana agar bisa kempai kepadaNya dengan selamat’, karena arti kata ‘hui’ sendiri adalah kembali dan ‘jia’ adalah rumah.

Ah alangkah indahnya bila kita bisa saling menghormati satu sama lain dan fokus pada bagaimana cara untuk menyelamatkan diri sendiri dan orang-orang terdekat supaya dapat berpulang dan selamat sampai ke hadapanNya bukan malahan fokus dengan bagaimana mengelompok2an orang sesuai ras, agama, dll seperti yang marak di lakukan saat ini yang akhirnya ujung2nya menimbulkan perpecahan.

Pasti cantik jadinya.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

