revolusi

Kita gak akan bisa milih ketemu siapa, dimana, dan end up-nya ngomongin apa. Tapi setiap percakapan pasti ada artinya. Seenggaknya ngebuat dari gak tau jadi tahu. Membuka wawasan dan pikiran kita.

Tempat beli es kelapa di depan parkiran SR pun bisa disulap jadi tempat ngobrol.

Hari ini, tadi siang. Gak disangka-sangka ketemu teman dari labtek seberang. Dia, keponakannya Ibu mantan Menteri Keuangan. Tokoh nasional yang dari awal kemunculannya sampai sekarang masih saya kagumi.

Pembicaraan mengalir. Macem-macem. Dari mulai ngomongin Bapak sendiri2 yang sama2 ngajar di FKUI, ngomongin HNMUN, fast track, wisuda, S2, macem-macem banget. Random. Sampai akhirnya bicara tentang satu topik. Revolusi.

Teman: …. tau gak my, kita itu sedang masuk revolusi ke tiga loh. Dan revolusi ke empat bentar lagi bakalan kejadian.

Saya: apa aja itu?

Teman: revolusi pertama itu waktu jamannya James Watt nemuin mesin uap. Siapapun yang bisa menguasai industri, dia menguasai dunia. Revolusi kedua itu waktu Einstein nemuin mekanika kuantum. Yang punya senjata nuklir dia yang menang. Revolusi ke tiga itu revolusi di bidang informasi. IT. Liat aja sekarang, yang bisa merajai IT dia bisa menggerakkan dunia. Google, Apple, Facebook, Twitter, dll.

Saya: *ngangguk-ngangguk* trus yang ke empatnya?

Teman: yang ke empatnya itu energi, my. Revolusi energi. Nah pas banget nih lo anak elektro. Coba deh bayangin, IT besar kalo gak ada power source-nya mau jadi apa? Persediaan minyak bumi bisa dihitung kapan habisnya. Nantinya, orang yang bisa menguasai dunia adalah orang yang bisa menghasilkan energi sendiri. Tidak bergantung sama yang lain.

Kemudian dia menambahkan lagi,

Teman: Jepang sekarang lagi ngembangin sistem solar cell yang kapasitas energinya bisa buat ngehidupin satu rumah loh, my. Jadi solar cell 1 rumah dipake di rumah itu. Dia bisa mengkonversi energi matahari ke listrik dan di distribusiin ke rumahya sendiri. Nantinya semua rumah bakalan pakai solar cell model gitu di atas rumahnya. Even buat mall sekali pun. Nantinya juga bakalan ada kayak 1 gedung yang khusus nyimpen energi dan bisa di distribusiin lintas negara.

Dan percakapan masih berlanjut. Saya gak tau apa yang dikatakan ini kenyataan atau masih ada efek  khayalannya. Rasanya semua bercampur. Tapi kan dari mimpi bisa jadi kenyataan. Dari visi yang jelas bisa jadi gerakan.

Teman: menurut lo my, siapa yang bisa nyiptain virus?

Saya: hmm. yang bisa membuat anti virus.

Teman: nah! Biasanya orang ngebuat virus komputer kan my. Tapi nantinya bakalan ada bioweapon. Kayak penyakit gitu yang sengaja disebar di sebuah komunitas.

Saya: gw percaya sih itu. Itu juga yang ngebuat gw gak suka sama sekali film zombie. Hahaha. Tapi ya, kayak flu burung sama flu babi itu kan katanya bioweapon juga.

Teman: iya. Kalo beneran itu bioweapon, nantinya kalau ada yang nyebar suatu virus gitu my, siapa yang bakalan selamat?

Saya: *deg* iya, yang punya anti virusnya. Si pembuat virus itu. Dia punya penawarnya.

Teman: dan kalo dia jahat ya, my. Dia bisa menguasai dunia.

Saya sih gak segitu minatnya untuk menguasai dunia. Tapi gak ada salahnya tau pemikiran-pemikiran macam ini. Untuk waspada. Aware tingkat tinggi. Kita gak bakalan tau dunia seperti apa yang akan kita hadapi nantinya. Dunia macam apa yang akan kita tinggali. Ini mungkin ya pikiran si pemimpin-pemimpin visioner negara-negara adidaya sana. Ini mungkin pemikiran ekstrem yang digunakan untuk orang-orang yang berkecimpung di bidang politik. Tapi coba pikir untuk skala lebih besarnya, skala industri. Menguasai pasar. Ini. Visi.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

One thought on “revolusi

  1. Pingback: tentang China dan 50 vaksinnya. « amyasti's

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s