lebaran 2011

Hari Raya Idul Fitri di tahun 2011 ini sempat menjadi perdebatan di kalangan pejabat-pejabat di atas sana. Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Sebelumnya memang Indonesia sudah biasa merayakan hari raya Idul Fitri ini 2 hari. Ada yang merayakan lebih dulu dan ada yang mengikuti pemerintah. Sebenarnya tidak jadi soal siapa mau ikut yang mana, hanya saja untuk tahun ini, pemerintah lamban dalam bergerak. Lamban dalam memberikan keputusan apakah Idul Fitri tersebut jatuh di hari Selasa atau Rabu. Dan tidak biasanya pula tanggal merah di kalender tidak mengikuti pemerintah. Tapi yasudahlah, mau lebaran hari apa saja ya terserah masing-masing, disini saya cuma mengkritik pemerintah. Iya kritik, ya rakyatkan memang cuma bisa kritik, toh?

Lanjut yaa,

Sebenarnya inti postingan ini bukan itu. Hehe. Seperti biasa, hari raya Idul Fitri atau lebaran ini jadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga saya. Selain mendengar gema takbir, sholat Ied, makan ketupat, opor ayam, salam-salaman, bagi-bagi uang THR, kumpul-kumpul, dan update cerita serta pengalaman, momen ini dipergunakan oleh keluarga saya dengan sebaik-baiknya untuk… LIBURAN. *nyengir lebar*

Selalu. Setiap tahun.

Kenapa demikian? Pertama, karena profesi ayah saya yang dengan suksesnya memberatkan untuk pergi liburan dikala jadwal liburan tiba (contoh: libur sekolah dan libur kuliah). Ayah saya seorang dokter bedah spesialis Urologi dengan subspesialis anak, termasuk jarang di Indonesia, bahkan sampai sekarang saja subspesialis ini masih menjadi perdebatan apakah seharusnya di bawah departemen urologi ataukah di bawah departemen anak. Nah apa yang terjadi ketika liburan anak-anak sekolah tiba? WUZZZ, pasien anak2 berdatangan. Ini yang membuat berat untuk cuti. Tuntutan moral, katanya. Kedua, jadwal liburan saya dan si adik2 ini yang gak pernah total sama, paling-paling irisan. Adik pertama saya kuliah di FKUI dengan jadwalnya sendiri dan adik kedua saya masih duduk di bangku SD, sedangkan saya di fakultas teknik. Total loh bedanya. Tapi semua orang butuh liburan. Siapa sih yang gak butuh liburan? Setelah masing-masing dalam setahun berkutat dengan urusannya masing-masing, sangat sedikit sekali waktu untuk bersama-sama duduk di meja makan, bahkan untuk makan malam saja selalu dua ‘ronde’. Akhirnya ditetapkanlah waktu ‘setelah lebaran’ sebagai family-holiday-time kami. Selain karena pasien-pasien pada mudik, anak2 sekolahh juga libur kan setelah lebaran, kami yang masih kuliah juga libur. Sempurna.

Selalu ada cerita menarik setelah liburan ini. Rasanya seperti me-refresh tidak hanya pikiran kita sendiri, tapi juga refresh hubungan sama keluarga. Jadi kalau ada yang tanya, gimana caranya buat bikin keluarga yang nyaman, saya pasti jawab “jangan takut ngeluarin uang buat liburan”. Sekalian aja pergi ke tempat yang jauh. Out of nowhere. Disitu pasti kalian akan mengenal sifat2 masing2. Gak selamanya orang yang tinggal serumah tau sifat tetangga kamarnya kan? Semakin kalian gak kenal daerahnya, maka akan semakin oke pula komunikasi kalian terhadap anggota keluarga. Well, yah itu teori saya yang masih saya pakai sampai sekarang. =)

Sebenarnya, pada awalnya sudah direncanakan kalau kami akan berangkat di hari kedua lebaran, yaitu hari Rabu (menurut kalender). Tapi apa daya, si pemerintah plin-plan dan lamban dalam memberi keputusan. Ia menetapkan Idul Fitri pada hari Rabu. Apa daya pula tiket telah dipesan dari jauh-jauh hari dan gak mungkin untuk di cancel. Jadi ya sudah, hari rabu lah kami berangkat. Setelah sebelumnya telpon sana-sini untuk mengucap maaf dan meminta doa supaya selamat sampai selama di perjalanan.

Jadi, kemana tujuan kali ini?

China.

to be continued..

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s