Day 0 – Beijing

Perjalanan kami ini dimulai dengan datang ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk keberangkatan Internasional kira-kira 1.30 jam lebih awal dari boarding time. Kebiasaan ayah saya memang seperti ini.

Setelah melalui beberapa pengecekan imigrasi, akhirnya kami dipersilakan naik ke pesawat Cathay Pasific Airlines. Pesawat ini pesawat Hongkong, karena untuk ke Beijing kami harus transit dulu di Hongkong. Sebenarnya ada penerbangan yang langsung, tapi sudah full-booked dari jauh-jauh hari.

Perjalanan ke Beijing ini memakan waktu kira-kira 12 jam. Jakarta-Hongkong kurang lebih 8 jam, kemudian diteruskan Hongkong-Beijing 4 jam. Beda waktunya adalah 1 jam, Hongkong dan Beijing lebih cepat dari Jakarta. Pesawat yang kami naiki ini delay selama sejam, kaptennya bilang bahwa ada traffic di udara, jadi kami harus menunggu. 8 jam di perjalanan itu, bosan. Tidur-bangun-tidur-bangun-makan-WC-tidur-bangun. Begitu seterusnya. Akhirnya saya memutuskan untuk menonton film2 yang disediakan di ‘in flight entertainment’. Untuk penerbangan panjang seperti ini, film yang disediakan memang film-film bioskop yang berdurasi 2 jam. Film-film baru seperti Thor, Kungfu Panda 2, Fast Five, Xmen First Class, dll juga ada.

Akhirnya transit di Hongkong. Bandara ini ramai. Karena delay sejam kami, maka kami diharuskan mendaftar kembali karena pesawat yang harus kami naiki untuk penerbangan berikutnya telah lepas landas. Untung semua diurus sama si Cathay Pasific ini. Kami hanya tinggal menunggu. Di bandara ini masih banyak orang-orang bulenya. Perempuan bercadar pun ada. Dan oh satu lagi, harga disini murah! Bahkan untuk ukuran bandara sekalipun. Adik saya sempat melihat-lihat beats by dr. Dre yang pro itu seharga 2.800an dollar Hongkong. 1 Dollar Hongkong itu sekitar Rp 1.099,-. Galaxy Tab juga gak semahal di Indonesia. Noted. Nanti di Hongkong harus hunting barang.

Rute perjalanan kami adalah sebagai berikut, dengan total malam yang akan kami habiskan adalah 7 malam.

  1. Jakarta-Beijing (via Hongkong)
  2. Beijing (3 malam)
  3. Beijing-GuangZhou
  4. GuangZhou ( 2 malam)
  5. GuangZhou-Hongkong
  6. Hongkong (2 malam)
  7. Hongkong-Jakarta
Akhirnya sampai di Beijing!
Kesan pertama, bersih! Dan langit-langit Bandaranya keren bangettt! *oke ini gw norak*

bandara Beijing

O ya, satu hal lagi. Di bandara ini, ada daerah-daerah tertentu yang dilarang mengambil gambar. Demi keamanan bandaranya.

di depan peron kereta yang ada di dalam bandara Beijing

Setelah sampai di bandara, untuk keluar dari sana kami harus menaiki kereta yang menguhubungkan terminal yang satu ke yang lainnya. Baru disana terdapat taksi. Sebelum naik ke taksi, kami bertanya ke tourists information office tentang letak hotel kami itu. Si petugasnya menulis secarik alamat menggunakan huruf pinyin (huruf kanji mandarin) untuk diperlihatkan ke supir taksinya. Ayah saya bisa bicara bahasa mandarin, saya pun bisa sedikit-sedikit. Tapi ternyata kemampuan itu belum cukup, karena mayoritas orang disini tidak tahu nama hotel kalau tidak melihat tulisan kanjinya. Begitulah.

Taksi di Beijing hanya mampu menampung  4 orang maksimal, lebih dari itu pakai taksi yang lebih besar. Seukuran panther atau espass mungkin kalau di Indonesia. Ayah saya ngobrol sama abang supir taksinya. Ketawa-ketawa. Saya menangkap sedikit pembicaraan mereka dan mengerti maksudnya tapi belum berani ikut bicara. Bicara, adalah hal lain disini. Butuh keberanian ekstra. Hahaha.

Ternyata hotel kami berada cukup jauh, sekitar 1 jam dari bandara. Tapi hotelnya menyenangkan. Jadilah sesampainya disana langsung tidur. Badan super capek.

to be continued..

~p.r.p.l.p.h.r.z
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s