rosemary :)

Saya ingin berbagi kepada kalian tentang sumber inspirasi barunya saya. Kali ini berasal dari seorang Bapak yang sudah berumur 71 tahun.

Memang benar apa kata orang ya, semakin tua, semakin banyak ‘makan asam garam kehidupan’, maka akan semakin pula jadi lebih bijaksana dan tau bagaimana bersikap serta memperlakukan orang lain. Saya salut. Sungguh.

Banyak sekali yang ia ceritakan. Tentang pendidikannya, tentang karirnya, tentang agamanya, tentang risetnya, tentang obsesinya, tentang keluarganya, tentang anak-anaknya, bahkan tentang kura-kuranya yang telah berumur lebih dari 100 tahun sekalipun. Jujur saya baru kenal, tapi first impression saya terhadap dia sungguh sungguh baik. Saya sangat menaruh hormat. Saya yakin tidak akan pernah berubah sampai kapan pun.

Dan kali ini, sepulangnya saya berdiskusi tentang suatu kerjaan tiba-tiba beliau memetikkan sebuah tanaman dari tamannya.

Rosemary, katanya.

Sangat wangi, mengingatkan saya kepada cairan-cairan aromatherapy yang biasa dijual di toko-toko relaksasi.

rosemary

Betul-betul wangi. Beliau cuma berkata :

Wangi kan? Enak wanginya? Ini namanya Rosemary. Tanaman dari Itali.

Sesampainya saya di rumah, langsung googling tentang apa itu Rosemary, seperti apa bentuknya, bagaimana cara menanamnya, dan apa saja khasiatnya.

Yang saya dapatkan,

Rosemary is one of those wonderful herbs that makes a beautiful ornamental plant as well as a welcome culinary seasoning. Its Latin name, Rosmarinus officinalis, means “dew of the sea” and rosemary is most closely associated with the cooking of the Mediterranean area. However you don’t need perfect sunshine, sea mist or even a never ending summer to successfully grow rosemary. In fact, more rosemary plants suffer from too much attention than from too little. — source

Rosemary merupakan tanaman hias yang banyak digemari para ibu, karena aromanya yang khas dan dianggap afdol sebagai aromatherapy dan bermanfaat sebagai pengusir nyamuk. Tak hanya itu, tanaman ini juga dapat dipakai sebagai bumbu dapur. Sebagai bumbu, rosemary dapat digunakan dalam bentuk kering maupun segar. Aromanya yang harum dapat mengurangi amis pada olahan ayam, ikan, daging, maupun telur. Dressing salad dan barbeque akan terasa lebih istimewa dengan menambahkan rosemary. Namun tahukah Anda, jika tanaman ini mempunyai khasiat dalam melancarkan aliran darah dan juga untuk obat sakit kepala. — sumber

Rosemary (Rosmarinus officinalis) merupakan sebuahtanamanyang tahan penyakit dan hama, yang dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan. Teh rosemary dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini biasanya cocok digunakan sebagai teh maupun bahan makanan. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan Vitamin B6. — sumber

Sederhana ya. Hanya memetikkan tanaman ini, tidak banyak juga. Namun saya sangat menghargainya. Terima kasih banyak.

Terima kasih secara khusus untuk si teman yang sudah mengenalkan saya kepada beliau. Sungguh-sungguh pribadi yang menarik dan dapat dijadikan teladan. Ayo semangat ngerjain tugasnya. Yakin kita pasti bisa dan proyek itu bisa selesai. Haha. Amin Yaa Allah.

Lain kali akan saya ceritakan lebih lanjut tentang beliau, tapi sekarang mau ngoprek tugasnya dulu. =)

Arrivederci!

~p.r.p.l.p.h.r.z
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s