memori

Semester 7 kemarin saya mengambil kuliah “Psikologi Persepsi” dengan tujuan mempelajari bagaimana persepsi seorang terbentuk supaya nantinya saya dapat mengendalikan persepsi saya sendiri khususnya dan orang lain. Saya akui, saya memang selalu mempersepsikan segala hal. Entah ini ciri orang Libra, lahir bulan September, anak pertama, atau apa saya juga tidak paham. Tapi saya berterima kasih dengan kemampuan ini. Menjadikan saya punya sikap antisipasi. Bukan antipati, hanya lebih hati-hati saja.

Ternyata yang saya dapat lebih dari itu. Saya juga belajar memori. Persepsi tidak akan benar, tajam, dan akurat bila tidak didukung dengan adanya memori terhadap suatu hal tersebut.

Secara etimologi, memori atau memory (Inggris), memoire (Prancis) adalah keberadaan tentang pengalaman masa lampau yang hidup kembali, catatan yang berisi penjelasan, alat di komputer yang dapat menyimpan dan merekam informasi. Memori juga berarti ingatan yang mempunyai arti lebih luas yaitu:
1. Apa yang diingat, yang terbayang di pikiran sepanjang ingatan
2. Alat atau daya batin untuk mengingat atau menyimpan sesuatu yang pernah diketahui (dipahami atau dipelajari)
3. Pikiran, dalam arti angan-angan, kesadaran
4. Apa yang terbit di hati, seperti niat atau cita-cita (Tim PKP3B, 1998:331)

Sumber : disini

Dan ini benar.

Kadang lirik, musik, wangi, dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan indera dan perasaan kita akan mempengaruhi dan membawa ke era yang dulu. Selalu ada semacam ‘label’ yang menandakan lagu ini “punya” siapa, wangi ini wangi siapa, negara ini ‘negara’ siapa, dan sebagainya. Dan perasaan ini yang bisa buat si hati gak menentu dan pikiran berlarian liar.

Saya mengalami ini lagi, padahal hanya berada sekitar 2 jam saja. Tapi tetap. Si memori ini datang menghampiri. *sigh*

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

