marah dan kecewa

Banyak yang beranggapan bahwa marah dan kecewa itu sama. Ada perbedaan yang signifikan antara marah dan kecewa menurut saya.

Marah, hari ini marah besok bisa hilang marahnya dan keadaan kembali ke semula layaknya tidak terjadi apa-apa. Kecewa, sampai kapanpun gak akan kembali lagi ke semula.

Sederhananya, marah itu tidak menggunakan unsur kepercayaan. Kita memaklumi bahwa seseorang melakukan kesalahan dan itu lumrah, kita mengerti dan memaafkan. And then, things going back to normal. Kecewa, ada unsur rasa percaya disini, ada pengaruh ekspektasi bahwa seorang tersebut tidak akan melakukan hal itu, namun ternyata dilakukan juga. Ketika dia melakukan itu, maka hilang sudah kepercayaan yang sudah ditanamkan dan seumur hidup gak akan pernah kembali lagi.

Trust is hard to get, easy to break.

Kalau kata teman saya, kepercayaan itu bisa dibangun lagi hanya saja harus ekstra kerja keras dan muka tebal. Harus siap malu juga dan punya track record yang baru. Sepakat dengan dia, hanya saja menurut saya teori itu hanya dapat digunakan untuk kehidupan pekerjaan yang erat kaitannya dengan karya dan profesionalitas, bukan hubungan emosional macam pertemanan.

Coba ya, bisa gak kita percaya lagi sama teman yang sudah pernah berbohong dan itu keterlaluan? Bisa gak kita kembali lagi ke keadaan sebelumnya dan beranggapan bahwa tidak pernah terjadi apa-apa padahal kita tau kalau dia sudah berkhianat? Bisa gak kita percaya lagi sama orang yang udah bisa cerita rahasia kita ke orang lain?

Tidak.

Seenggaknya untuk saya. Jelas sekali saya gak bisa percaya lagi, apapun yang akan dia lakukan.

Jadi kalau ada pertanyaan :

Marah my?

Saya jawab :

Enggak. Saya kecewa.

si saya yang sedang kecewa sangat.

~p.r.p.l.p.h.r.z

2 thoughts on “marah dan kecewa

Leave a Reply

