filsafat dasar

adalah prinsip dasar yang terdiri atas lima prinsip untuk meningkatkan :

  1. kualitas berpikir.
  2. kualitas bekerja.
    Baik kualitas berpikir maupun kualitas bekerja, erat kaitannya dengan produktivitas bekerja. Berpikir dan bekerja adalah satu dengan yang lain berhubungan. Bukankah orang yang bekerja itu harus berpikir? Bagaimana pun orang bekerja harus berpikir? Bagaimana keduanya dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan peraturan yang berlaku, supaya apa yang dilaksanakan sesuai dengan harapan.
  3. kualitas berkarya
    Ada perbedaan, orang bekerja, sesuai dnegan peraturan-peraturan yang berlaku, dan orang yang berkarya, yang mengembangkan pemikiran-pemikiran baru dan kalau perlu, merubah peraturan-peraturan yang berlaku. Dengan sasaran strategi diubah yang mampu meningkatkan taraf kualitas kehidupan dari manusia itu sendiri. Hanya manusia sajalah, yang dapat berpikir, bekerja, dan berkarya. Hanya manusia, yang dapat meningkatkan kualitasnya sepanjang masa. Tahapan demi tahapan dari kualitas kehidupan manusia.
  4. kualitas iman dan takwa (imtak), sekaligus meningkatkan kualitas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
    Itu harus dilakukan dalam satu tarikan nafas. Saya selalu mengatakan, bagaikan suatu pesawat terbang, sayap kirinya adalah Imtak sedangkan sayap kanannya adalah penguasaan Iptek. Jikalau Anda, hanya sepihak saja, maka akan susah dikendalikan. Ibarat pesawat terbang tidak akan berfungsi jika hanya menggunakan satu sayap. Pesawat itu akan terus berputar dan jatuh! Dua-duanya harus seimbang. Manusia sepanjang masa tidak boleh berhenti untuk meningkatkan Imtak yang harus seimbang Iptek.Yang dihadapi sekarang adalah dominasi dari Iptek atas beban pengorbanan kualitas Imtak. Karena itu, kehidupan di bumi ini mengalami “krisis nilai” atau “crisis of values“. Krisis nilai moral dan etika yang mengakibatkan manusia yang berada di mana pun, apakah sebagai kepala keluarga, kepala cabang perusahaan dan bahkan sampai sebagai Presiden, kalau tidak hati-hati dan hanya melihat keuntungan Iptek dan keuntungan ekonomisnya saja, menghalalkan semua cara untuk mendapatkan sesuatu, maka akan membahayakan implementasi dalam arti keadilan yang tidak dapat dilepaskan dari etik dan nilai-nilai moral.
  5. sebagai akibat dari keempat prinsip yang telah dijelaskan sebelumnya, insya Allah, akan menghasilkan kualitas kehidupan di Indonesia terus meningkat, yang akan dipenuhi oleh inspirasi para cendikiawan, khususnya cendikiawan muslim se-Indonesia. Inspirasi ini akan senantiasa berkembang agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan sehingga terjamin kualitas ketentraman dan keadlian di bumi pertiwi yang kita cintai.

Oleh B.J. Habibie. Disadur langsung dari buku Habibie & Ainun.

Semoga nanti ada saatnya saya dapat memberikan sesuatu untuk negara ini, Indonesia, berdasarkan apa yang telah saya pelajari selama ini, apa yang telah saya dapatkan, ilmu. Dengan apa pun itu yang saya punya, membangun negara ini ke arah yang lebih baik.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s