underdog..

Minggu, 9 Januari 2011

Pagi ini, terlintas di pikiran ucapan dari seorang sahabat kepada saya via YM waktu itu. Katanya :

Terkadang saya rindu, my. Rindu menjadi seorang underdog. Rindu merasa diremehkan. Rindu merasa tidak dilihat dan didengar. Karena dari situ saya bisa lihat saya dapat melakukan lebih. Menjadi terpacu. Berlari sampai meraih batasnya. Tapi seperti yang kamu tahu, batas itu tidak ada. Hanya nyata dalam pikiran.

— Angga Aditya Atmadilaga. SR’05 ITB

Underdog sendiri, menurut definisi dari Collins English Dictionary, adalah :

  1. the competitor least likely to win a fight or contest
  2. a person in adversity or in a position of inferiority

Mungkin kalian yang membaca akan menganggap kami setengah waras. Haha. Entah, untuk sebagian orang yang saya tanya, mereka bilang keadaan underdog itu tidak enak. Merasa diremehkan itu tidak enak. Saya bilang, memang. Sangat tidak enak. Namun saya punya pemikiran sendiri mengenai keadaan itu.

Saya hanya, rindu. Rindu terhadap keadaan.

Pada saat itu, kondisi saya dan dia hampir bisa dikatakan mirip. Kami yang ‘terlalu dianggap benar’ bahkan ‘dianggap selalu benar’ cenderung lebih didahulukan dan didengar. Apakah itu yang kami mau saat itu? Tidak. Bukan itu. Kami menginginkan diskusi. Memperbincangkan ide dan pemikiran sebelum akhirnya dapat dinyatakan diterima atau ditolak. Diskusi selalu menjadi hal yang sangat menarik. Mungkin karena kami sama-sama Libra, mungkin juga tidak.

Dan hal tersebut tidak berubah sampai saat ini. Bukan berarti kami ingin gagal. Tapi terkadang, perlu “salah” supaya dapat menjadi “benar”. Perlu “gagal” sebelum akhirnya “berhasil”. Setidaknya, butuh motivasi untuk mencapai segala kebaikan tersebut.

Sesuai dengan sifat manusia, pada dasarnya kita semua butuh tantangan. Itu saya anggap lumrah dan sangat manusiawi.

~p.r.p.l.p.h.r.z

Leave a Reply

