Idealis atau Apatis

Di Indonesia hanya ada 2 pilihan. Menjadi idealis atau apatis. Saya sudah lama memutuskan harus menjadi idealis sampai batas sejauh-jauhnya. kadang saya takut apa jadinya saya kalau saya patah-patah

Soe Hok Gie, 20 Agustus 1968

Percakapan saya dan seorang sahabat via YM. Hujan rintik2, di Jakarta. Senin 6 september 2010.

…..

Saya : (mengulang quote Soe Hok Gie) jadi, lo yang mana?

Dia : menurut Amy?

Saya : ditanya malahan balik nanya -__-

Dia : masih mencoba menjadi idealis

Saya : “Hok Gie menjadi idealis karena dia mempelajari sejarah”. Brarti kalo mau idealis harus banyak tau sejarah gitu ya?

Dia : Iya, salah satu caranya ya tau sejarah. Artinya orang banyak belajar dari pengalaman kan. Tapi gak semua banyak belajar sejarah trus jadi membuat orang menjadi idealis. tapi yaaaa.. kadang2 justru menjadi apatis karena melihat dari sejarah

Saya : berarti sebenarnya tergantung dari sudut pandang mana kayaknya ya. Balik lagi ke sejarah bagaimana yang menceritakannya kan. Si pelaku atau saksi sejarah itu. kalau dia idealis, jadilah penceritaannya berbau idealis. kalo apatis, ya jadi apatis.

Dia : cerdas!

Lagi dan lagi. Semua tentang persepsi.

~p.r.p.l.p.h.r.z

2 thoughts on “Idealis atau Apatis

  1. bukan hanya persepsi terhadap sejarah,melainkan kebenaran sejarah itu sendiri yg akan mempengaruhi idealitas seseorang.
    Dua orang yg berbeda idealitas bisa jadi memiliki kebenaran sejarah yg berbeda. Di indonesia,terlalu byk versi sejarah,baik yg tertutupi ataupun tidak.

  2. iya betul. terlalu banyak ‘penjagaan terhadap nama baik’ yang akhirnya membuat legalitas sejarahnya berkurang.
    diceritakan dengan adanya tambal sulam dimana2.
    thx udah mampir :)

    btw, ini namanya agus tapi knapa emailnya ichsan?
    haha

Leave a Reply

