10.000 jam

“Necessity is the mother of Invention” — @ruang 7602 ORBIT Elektron

Hari Minggu, 29 Agustus 2010 kembali diadakan ORBIT Elektron. ORBIT ini diadakan sebagai bentuk kaderisasi dan pencarian kru2 baru dari divisi Elektron HME ITB. Materinya antara lain : tulisan, jurnalistik dasar, dan manajemen operasional. Terakhir, rilis tugas untuk pembuatan majalah Elektron edisi #55.

Yang menarik, pembicara dalam ORBIT ini adalah salah satu dosen T. Elektro ITB merangkap blogger yang cukup ternama sekaligus penulis yang oke di bidang IT. Sudah menerbitkan banyak buku dan menulis banyak artikel. Siapakah beliau? Namanya ada di RSS blog ini :p

Ya, Pak Budi Rahadjo.

Sangat inspiratif. Beliau berkata,

Jika ingin menjadi suatu master, dalam bidang apapun, maka tekuni itu selama 10.000 jam secara konsisten. Niscaya akan menjadi ahli dalam bidangnya

Mau itu musik, pengetahuan, keahlian, olahraga, atau apapun itu. 10.000 jam. Dan ternyata pernah dibuktikan. Secara hitungan kasar, dibutuhkan waktu 10 tahun bila setiap hari berlatih selama kurang lebih 3 jam.

3jam/hari  x 365 hari/tahun x 10 tahun = 10.950 jam

Dan saya diajak berpikir. Akan menjadi seperti apakah nanti 10 tahun mendatang? Mau menjadi orang yang bagaimana? Umur saya saat ini hampir 21 tahun. Dan menurut beliau, umur 20an-35 tahun merupakan waktu yang masih dianggap wajar untuk belajar. Ya, belajar salah dan mengeluarkan excuse. Bila nanti sudah umur >35tahun, maka itu bukan lagi masanya untuk excuse. Diharapkan pada umur segitu kita sudah mapan. Hmm, berarti saya masih ada waktu sekitar 14 tahun lagi. Baiklah mulai dari sekarang.

Dan hal yang saya inginkan entah kenapa menitikberatkan pada bahasa. Ingin sekali menguasai berbagai bahasa. Saat ini saya telah belajar bahasa Inggris, Perancis, Jepang, dan Mandarin. Namun untuk menjadi seorang yang fasih, kembali harus menentukan target 10.000 jam.

Ingin ini, ingin itu, banyak sekaliiiiii~

Masih ada 14 tahun. Belum terlambat buat mulai belajar yang lain juga.

Semangat ah! ;D

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s