Dokumen ATP, UAT, Mock Up, Patching

Setelah sebelumnya saya menyebut kata ‘ATP’ di postingan sebelumnya, jadi kayaknya gak aci kalo gak dijelasin.. Haha.. Seminggu yang lalu saya gak tau apa2 masalah ATP2an ini (sekarang juga belum sih =D) tapi seenggaknya gak buta2 amat ^^

Dokumen ATP atau ‘Acceptance Test Procedure’ atau ‘Prosedur Serah Terima’ adalah dokumen yang diperuntukkan bagi klien dan biasanya dibuat oleh vendornya. Tujuan dibuatnya dokumen ini adalah supaya si klien dapat memastikan dan yakin 99,999% bahwa alat yang dibuat oleh si vendor telah lulus tes uji kelayakan dan mampu diaplikasikan — biasanya perusahaan IT/alat/kontraktor,dsb. (thanks to biboy for the info ^^)

Ada juga yang dinamakan UAT, singkatan dari User Acceptance Test. Kalau ATP itu bentuknya dokumen, si UAT ini bentuknya proses pengetesan. Dari singkatannya saja sudah dapat diketahui bahwa yang mengetes adalah si User (baca : klien). Biasanya yang membuat spesifikasi apa2 saja yang akan dites adalah si vendor, mudahnya karena si vendor yang lebih mengerti program dan lain2nya sehingga lebih mendetail (iyalah, dia yang bikin). Tapi tidak menutup kemungkinan kalo si User mengetes di luar spesifikasi dari vendor, namun orang yang mengetes harus setidaknya mengerti/paham terhadap spesifikasi proyek maupun alat yang akan dipindahtangankan.

Apa yang akan dites? Alat yang akan dites dinamakan ‘Mock Up’. Mock Up ini seperti miniatur/prototipe dari alat yang dibuat. Mock up ini harus punya semua spesifikasi dan dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya. Dapat digunakan untuk simulasi, demonstrasi, evaluasi, promosi, atau pun untuk sampel. Mock Up baru disebut Prototype bila lulus tes UAT ini. (thx to k Ashr buat masukannya ^^)

Bagaimana jika tidak lulus tes? Harusnya sih lulus karena sudah diuji berkali2 sebelum diajukan ke klien. Tapi yang namanya program gak ada yang 100% oke kan? Kalau saat pengujian muncul masalah, akan dilakukan ‘patching’. Patching ini dilakukan oleh orang dari vendornya (makanya pas pengetesan siapin orang yang paling jago/yang sangat mengerti dengan si alat atau program). Apa itu patching?  Menurut versi wikipedia :

Patching is a small piece of software designed to fix problems with or update a computer program or its supporting data

Intinya sih, patching ini adalah program ‘dadakan’ yang diciptakan guna memperbaiki fungsi alat karena error saat pengetesan. Patching ini juga bermacam2. Patching biasa itu berarti si program/alat harus di reset dan mulai dari awal lagi. Ada juga yang jenisnya ‘Hot Patching’, ini langsung diperbaiki dan bisa dijalankan tanpa harus ‘shut down’ atau ‘restart’.

Demikian sedikit intip2 dari kerjaan magang ini. Kerjaan saya? Bikin dokumen ATP yang sesuai dengan UAT.. Wkwkwkwkk..

Enjoy. Semoga bermanfaat =)

Au revoir! Á bientôt!

~p.r.p.l.p.h.r.z

Advertisements

3 thoughts on “Dokumen ATP, UAT, Mock Up, Patching

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s